Definisi dan Berbagai Jenis Pemeliharaan atau Perawatan Peralatan Kelistrikan

Assalaamualaikum Wr. Wb



Selamat datang kembali di blog Seputar Teknologi ini. Setelah kemarin kita membahas tentang Sistem Sensor Kelistrikan, pada kesempatan ini akan coba kita bahas tentang Pemeliharaan atau Perawatan Kelistrikan, mulai dari pembahasan apa itu pengertian perawatan dan jug berbagai jenis perawatan pada kelistrikan. 

Perlu kita ketahui bersama-sama, jika suatu sistem, peralatan, gedung ataupun yang lainnya diperlukan yang namanya pemeliharaan atau perawatan. Begitu juga dengan sistem kelistrikan yang beroperasi setiap waktu dan hampir setiap hari,sangat memerlukan yang namanya pemeliharaan atau perawatan agar tidak terjadi hal-hal yang tentunya tidak kita inginkan. Oleh karena itulah, perlu kita ketahui bagaimana perawatan atau pemeliharaan untuk peralatan kelistrikan ini agar kinerja peralatan kelistrikan tersebut bisa berjalan optimal dan juga selalu dalam kondisi prima tentunya.

Definisi Perawatan atau Pemaliharaan Peralatan Kelistrikan


Sebelum kita mengetahui cara perawatan atau pemeliharaan peralatan kelistrikan, ada baiknya kita perlu mengetahui dahulu apa sih sebenarnya Perawatan atau Pemaliharaan peralatan kelistrikan itu? Pemeliharaan Instalasi Kelistrikan adalah suatu rangakaian proses atau tindakan untuk mempertahankan kondisi bahwa peralatan dalam instalasi tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat dicegah adanya gangguan yang menyebabkan pada kerusakan sistem atau instalasi.

Tujuan Pemeliharaan Peralatan Kelistrikan


Setelah kita mengetahui definisi atau pengertian pemeliharaan atau perawatan peralatan kelistrikan, perlu kita ketahui pula apa tujuan dilakukannya pemeliharaan atau perawatan peralatan kelistrikan tersebut. Tujuan Pemeliharaan peralatan kelistrikan adalah sebagai berikut:


  1. Meningkatkan reliability, availability, dan efisiensi
  2. Untuk memperpanjang umur peralatan
  3. Mengurangi resiko terjadinya kerusakan atau kegagalan peralatan
  4. Meningkatkan keamanan
  5. Mengurangi waktu pemadaman akibat kerusakan

Macam - Macam Jenis Perawatan Peralatan Kelistrikan

Seperti pada umumnya perawatan atau pemiliharaan, pada peralatan kelistrikan ini juga terdapat berbagai jenis perawatan pada peralatan kelistrikan, yaitu :

1. Predictive Maintenance
2. Preventive Maintenance
3. Corrective Maintenance
4. Breakdown Maintenance

Demikian sedikit pembahasan tentang Pengertian atau definisi serta jenis - jenis Pemeliharaan atau perawatan peralatan kelistrikan. Adapun detail tentang jenis - jenis perawatan peralatan kelistrikan akan kita bahas dilain kesempatan. Semoga sedikit informasi tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih. 
Wassalaamualaikum Wr. Wb



0 Response to "Definisi dan Berbagai Jenis Pemeliharaan atau Perawatan Peralatan Kelistrikan"

Posting Komentar